aplikasi keuangan ukm nusafinUKM atau Usaha Kecil Menengah saat ini sedang banyak menjadi buruan. Para penggerak bisnis memilih jenis usaha ini untuk banyak alasan berbeda. Mulai dari ukuran modal yang lebih kecil, jangkauan pasar yang lebih luas, serta keragaman bentuk usaha yang bisa dijalankan. UKM bukan hanya sekedar usaha yang dijalankan secara offline saja. Namun beberapa usaha online pun bisa digolongkan ke dalam UKM. Terlebih usaha kecil menengah yang berfokus pada pemasaran digital di media sosial, market place, website dan lain-lain. Ada banyak sekali cara untuk meraih sukses menjalankan UKM ini sendiri. Salah satunya, pengelolaan pembukuan yang baik dengan aplikasi keuangan.

Tak bisa dipungkiri, bagi banyak orang yang menjalankan usaha kecil menengah pembukuan bukan hal yang dianggap penting. Mereka biasanya akan menyisihkan hal ini dan tak melakukan apapun untuk pengelolaan pembukuan. Padahal, pengelolaan pembukuan bisa menjadi jalan untuk meraih kesuksesan di bisnis UKM. Sebaliknya, tak ada hingga sistem pengelolaan pembukuan yang tidak teratur bisa mengarah pada bisnis yang tak berjalan baik pula. Hal ini tentunya berkaitan dengan besarnya pengaruh pembukuan dengan catatan untung rugi, hingga pemasukan dan pengeluaran dari sebuah bisnis itu sendiri.

Untuk itu, langkah pertama meraih sukses usaha kecil menengah bisa melalui pengelolaan pembukuan yang baik. Agar pengelolaan pembukuan ini lebih mudah dan juga berjalan dengan lancar, Anda bisa menggunakan aplikasi keuangan khusus UKM.

Di bawah ini, kami memberikan beberapa trik sukses menjalankan UKM. Di mana salah satunya dengan menggunakan aplikasi keuangan khusus UKM itu sendiri. Berikut ini trik yang bisa Anda jalankan.

Strategi pemasaran digital

Masih banyak anggapan keliru bahwa digital marketing hanya bisa digunakan untuk startup atau perusahaan besar. Selain tentunya untuk usaha online. Padahal tidak begitu. Usaha kecil menengah dalam bentuk offline pun bisa meraih sukses dengan memanfaatkan digital marketing ini. bahkan sudah ada banyak sekali contoh usaha kecil menengah (UKM) yang meraih sukses berkat strategi pemasaran digital yang baik,

Strategi pemasaran digital ini bukan hanya media sosial saja. Meskipun saat ini media sosial memiliki peranan yang paling besar untuk digital marketing. Pemasaran digital ini juga bisa dalam bentuk website, baik itu berupa situs khusus, postingan review berbayar, hingga adsense. Anda juga bisa menggandeng influenzer maupun buzzer untuk semakin meningkatkan pemasaran digital yang sedang dijalankan.

Bentuk lain dari pemasaran digital yang bisa digunakan usaha kecil menengah ini juga iklan di radio, billboard, bahkan televisi. Semua bentuk tersebut juga termasuk di dalam pemasaran digital atau digital marketing.

Dalam sebuah bisnis, marketing memang memiliki peranan yang besar untuk kesuksesan. Jadi jangan ragu untuk juga banyak berfokus pada hal ini.

Pelayanan konsumen

Satu kunci sukses lain untuk usaha kecil menengah yang sering dilupakan, pelayanan konsumen. Hal ini yang sebenarnya juga menjadi pembeda antara bisnis besar dengan kecil dan menengah. Untuk usaha kecil menengah, mereka seringnya menganggap remeh pelayanan konsumen ini. Entah itu respons yang lambat pada pertanyaan konsumen, tak ada edukasi produk, pelayanan penjualan yang tidak berlangsung lebih cepat dengan sistem sederhana, hingga tak ada tanggapan pada keluhan konsumen.

Padahal bukan hal yang aneh lagi bahwa konsumen akan lebih senang bekerja sama atau pun berbelanja dengan usaha yang lebih cepat tanggap.

Hal ini tentu saja masih bisa Anda ubah. Meningkatkan pelayanan konsumen tak sesulit yang dibayangkan. Bahkan bisa dikatakan cukup mudah. Dengan meningkatkan hal ini saja, Anda sudah semakin dekat dengan kesuksesan yang diinginkan.

Software Pembukuan UKM

Hal ketiga yang menjadi jalan pembuka pada kesuksesan, namun lagi-lagi banyak diabaikan di usaha kecil menengah. Sistem pembukuan memiliki peranan yang sangat besar, karena berhubungan langsung dengan pengelolaan keuangan. Seperti yang diketahui, cash flow atau pengelolaan keuangan ini merupakan “nafas” dari sebuah bisnis.

Sistem pembukuan yang dijalankan bisa dalam berbagai bentuk berbeda. Mulai dari bentuk yang paling sederhana seperti hanya catatan neraca laba rugi. Hingga dalam bentuk yang lebih lengkap. Untuk memudahkan dalam pengelolaan pembukuan ini, Anda bisa menggunakan aplikasi keuangan khusus UKM seperti Nusafin.

Nusafin bukan hanya memiliki fitur lengkap untuk semua kebutuhan pembukuan usaha kecil menengah. Namun juga beberapa fitur tambahan yang memudahkan Anda dalam pengecekan atau rekonsiliasi bulanan hingga untuk verifikasi pembayaran. Juga ada fitur pengingat untuk memastikan Anda tidak ketinggalan tanggal penting pembayaran dan lain-lain.

Pembukuan untuk usaha kecil menengah seringnya dianggap tidak penting. Atau malah terlalu dipandang sebagai hal yang menyulitkan. Untuk itu, hadirnya aplikasi keuangan seperti Nusafin akan membantu memudahkan sekaligus menyederhanakan pembukuan yang kerap dianggap sulit tersebut.